Madu dan Semut

Posted by Etalase madu Selasa, 19 Juni 2012 0 komentar
Semut merupakan hama bagi lebah penghasil madu. Seperti di jelaskan Prof. Dr. D.T.H Sihombing guru besar IPB (Institut Pertanian Bogor) dibukunya ‘Ilmu Ternak Lebah Madu’, cetakan pertama Februari 1997, diterbitkan Gadjah Mada University Press Yogyakarta Hal 173, antara lain dijelaskan “... menjadikan sebagai rantai makanan yang mengangkut madu, telur dan larva ...

Pendapat di atas juga di dukung oleh RM. Sumo Prastowo, C.D.A dan R. Agus Suprapto, BA. Dibukunya ‘Beternak Lebah Madu Modern’, cetakan ketiga 1993, penerbit Bhratara Jakarta hal.203 yang antara ain di jelaskan “... semut membuat sarang dalam stup/sangkar lebah dan numpang makan di situ ...

Jadi dari kedua pendapat ahli tersebut diatas, setelah melakukan penelitian yang cukup lama, kita  simpulkan bahwa semut tetap suka dengan madu.

Adapun yang mengatakan semut tidak suka madu tidak berdasarkan penelitian dan hanya menurut kabar burung yang tidak jelas dan hanya menduga – duga tanpa berdasarkan penjelasan yang ilmiah dan tidak bisa diterima akal sehat. Seandainya semut tidak suka madu bisa disebabkan oleh faktor fermentasi pada madu yaitu pada madu terjadi proses fermentasi pegasaman dan proses fermentasi pengalkoholan, sehingga semut tidak suka akibat baunya yang menyengat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Madu dan Semut
Ditulis oleh Etalase madu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://etalasemadu.blogspot.com/2012/06/jenis-jenis-madu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

D.I.Y, Indonesia
kami menyediakan berbagai jenis madu murni dan madu herbal

Search